Sabtu, 04 Oktober 2014

Evaluasi Pembelajaran



 Evaluasi pembelajaran
A.      Pengeeertian evaluasi dan evaluasi pendidikan
Secara harfiah kata evaluasi berasal dari bahasa inggris  evaluation; dalam bahasa arab: al-taqdir (التَقدير)  dalam bahasa indonesia berarti penilaian. Akar katanya adalah value; daam bahasa arab al-qimah (القِيمة)  dalam bahasa indonesia berarti nilai. Dengan demikian secara harfiah, evaluasi pendidikan dapat diartikan sebagai penilaian dalam bidang pendidikan atau penilaian mengenai hal –hal yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan.
Adapun dari segi istilah, sebagai mana dikemukakan oleh Edwin Wandt dan Gerald W. Brown evaluation refer to the act or process to determining the value of something. Menurut definisi ini, maka istilah evaluasi itu merujuk kepada atau megandung pengertian: suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.
Apabila definisi evaluasi yang dikemukakan oleh Edwin Wandt dan Gerald W. Brown untuk memberikan definisi tentang evaluasi pendidikan, maka evaluasi pendidikan itu dapat diberi pengertian sebagai; suatu tindakan atau kegiatan yang dilaksanakan dengan maksud untuk atau suatu proses yang berlangsung dalam rangka menentukan nilai dari segala sesuatu dalam dunia pendidikan yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan, atau yang terjadi di lapangan pendidikan) atau singkatnya: evaluasi pendidikan adalah kegiatan
Berbicara tentang pengertian istilah evaluasi pendidikan, di tanah air kita, lembaga administrasi negara mengemukakan batasan mengenai evaluasi pendidikan sebagai berikut:
(1)    Proses/kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan, dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan.
(2)    Unsaha untuk memperoleh informasi berupa umpan balik bagi penyempurnaan pendidikan.
(Anas sudijono, pengantar evaluasi pendidikan,Ed.1 (cet. 7; jakarta:rajawali press,2007 ), h. 1-2
Evaluasi pempunyai arti yang berbeda untuk guru yang berbeda. Berikut beberapa arti yang telah secara luas dapat diterima oleh para guru di lapangan.
Evaluation is a process whice determines the extent whice objectifves have been achieved (Cross)\
Evaluasi merupakan proses yang menentukan kondisi dimana suatu tujuan telah dapat dicapai.
Definisi ini menerangkan secara langsung hubungan dengan evaluasi dengan tujuan suatu kegiatan yang mengukur derajat, di mana  suatu tujuan dapat dicapai. 
Sulistyorini, evaluasi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan, cet. 1;yogyakata:teras,2009. H,45-47

Tidak ada komentar:

Posting Komentar